Thursday, November 1, 2012

Pengertian Akhlak, Budaya, dan Etika


1 Pengertian Akhlak
Secara etismologis ( lughatan ) akhlaq ( Bahasa Arab ) adalah bentuk jamak dari khuluq yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku atau tabiat. Berakar dari kata khalaqa yang berarti menciptakan. Seaakar denagn kata Khaliq ( Pencipta ) , makhluq ( yang diciptakan ) dan khalq ( penciptaan ).
Secara terminologis ( isbtbilabah ) ada beberapa definisi tentang akhlak, yaitu :
-          Menurut Imam al-Ghazali
“ Akhlaq adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan perbuatan-perbuatan dengan gampang dan mudah, tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan.”
-          Menurut Ibrahim Anis
“Akhlaq adalah sifat yang tertanam dalam jiwa, yang dengannya lahirlah macam-macam perbuatan, baik atau buruk, tanpa membutuhkan pemikiran dan pertimbangan.”
-          Menurut Abdul Karim Zidan
“ ( Akhlaq ) adalah niat-niat dan sifat-sifat yang tertanam dalam jiwa, yang dengan sorotan dan timbangannya seseorang dapat menilai perbuatannya baik atau buruk, untuk kemudian memilih melakukan atau meninggalkannya.”

3.2 Pengertian Agama, Etika dan Budaya
3.2.1 Agama adalah seperangkat aturan dan peraturan yang mengatur hubungan manusia dengan dunia gaib, khususnya Tuhannya, mengatur huhbungan manusia dengan menusia lainnya, dan mengatur manusia dengn lingkungannya.
Dalam konteks ini akan dibahas pandangan akhlak yang ditelaah dari pandangan kitab suci, hadist, maupun pendapat para ulama.
3.2.2 Pengertian Etika
- Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia etika berarti ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak (moral).
- Etika menurut filsafat dapat disebut sebagai ilmu yang menyelidiki mana yang baik dan mana yang buruk dengan memperhatikan amal perbuatan manusia sejauh yang dapat diketahui oleh akal pikiran. Pada dasarnya,etika membahasa tentang tingkah laku manusia.
            Dalam konteks ini akan dibahas pandangan akhlak yang ditelaah dari pandangan segi logika, alasan-alasan rasional, pendapat-pendapat ahli selain agama.
            3.2.3 Pengertian Budaya
-  Kata "kebudayaan" berasal dari kata Sanskerta buddhayah, ialah bentuk jamak dari buddhi yang berarti "budi" atau "akal". Demikian, ke-budaya-an itu dapat diartikan "hal-hal yang bersangkutan dengan budi dan akal". Ada pendirian lain mengenai asal dari kata "kebudayaan" itu, ialah bahwa kata itu adalah suatu perkembangan dari majemuk budi-daya, artinya daya dari budi, kekuatan dari akal 
- Budaya merupakan 'impersonal potential' yang membedakan antara perilaku manusia dengan perilaku makhluk hidup lainnya. Sehingga perilaku manusia lebih tepat disebut perbuatan; atau menurut istilah agama disebut 'akhlak'.


[1]Yunahar Ilyas,Kuliah Akhaq (Yogyakarta : LPPI Universitas Muhammadiah Yogyakarta, 2007), hlm.1
[2] Ibid, hlm. 2
[3] Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga, Islam Budaya Lokal ( Yogyakarta : Pokja UIN, 2005 ) hlm. 4
[4] Ibid, hlm 8

No comments:

Post a Comment